Kamis, 28 Januari 2016

PROPOSAL USAHA


“DOS BROS DISTRO”
RANCANGAN PERUSAHAAN

A.    LATAR BELAKANG

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Dos Bros Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri khas Indonesia.

B.     VISI dan MISI

Visi          : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi         :  Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.

C.    NAMA USAHA

Usaha yang akan dirintis berupa tempat penjualan baju-baju dan celana yang menjadi trend di era sekarang. Contohnya seperti baju-baju yang bersablon, berkualitas sesuai tingkat kenyamanan pemakai, celana berbahan chino, denim dan jeans. Tidak hanya baju dan celana saja, kami juga menjual jacket dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

D.    TEMPAT USAHA

Kami telah survey di beberapa daerah sekitar kota Jakarta di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Karena di daerah ini terbilang cukup strategis dan di dukung dengan adanya restaurant, barbershop, dan minimarket. Lokasi Distro berada di antara minimarket dan barbershop serta berhadapan dengan sebuah restaurant.

E.     WAKTU OPERASIONAL

Waktu operasional Distro ini direncanakan Buka pada pukul 10.00 dan Tutup pada pukul 22.00.

F.     TARGET PELANGGAN

Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.

G.    KONSEP PROMOSI

Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Dos Bros Distro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

H.    SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI

Dos Bros Distro membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distrountuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Biaya Permulaan Perusahaan

1.       Modal Awal Produksi

Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   20.000.000,-
Kulakan baju dan celana grosir
Rp. 100.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan bulan pertama
Rp.     5.000.000,-
Jumlah Modal Produksi
Rp. 150.000.000,-
Total
Rp. 280.000.000,-

2.       Biaya lain-lain

·         Listrik                                                              Rp.      2.000.000,-
·         Asuransi                                                           Rp.      20.000.000,-
·         Transportasi                                                     Rp.      6.500.000,-
·         Pajak                                                                Rp.      2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan                Rp.      6.000.000,-    +
Total biaya lain-lain                                               Rp.      37.250.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)

Jumlah modal produksi                                       Rp.      280.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                          Rp.      37.250.000,-   -
Total                                                                    Rp.      242.750.000,-

PERENCANAAN LABA RUGI

INVESTASI                                      JUMLAH (Rp.)

Biaya Tetap

Penyusutan gedung dan peralatan                      Rp.      7.000.000,-
Gaji pegawai                                                       Rp.      5.000.000,-   +
Total                                                                    Rp.      12.000.000,-

Biaya Variable/Produksi

Kulakan baju dan celana grosir                           Rp.      100.000.000,-  +
Total                                                                    Rp.      100.000.000,-

Biaya lain-lain

·         Listrik                                                              Rp.      2.000.000,-
·         Asuransi                                                           Rp.      20.000.000,-
·         Transportasi                                                     Rp.      6.500.000,-
·         Pajak                                                                Rp.      2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan                Rp.      6.000.000,-    +
Total Modal Produksi                                      Rp.      37.250.000,-
                        Total (Modal) Pengeluaran                             Rp.      112.000.000,-

Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion                 Rp.      400.000.000,-   -
Total Pendapatan                                                 Rp.      400.000.000,-

PROYEKSI LABA/RUGI (KEUNTUNGAN)

Total Pendapatan                                                 Rp.      400.000.000,-
Total Modal/Pengeluaran                                    Rp.      112.000.000,-   -
Total Keuntungan Bersih                                    Rp.      288.000.000,-


PENUTUP

Harapan saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :

1.     Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.      Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar