“DOS BROS DISTRO”
RANCANGAN PERUSAHAAN
A.
LATAR BELAKANG
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan
fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to
date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk
membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh
dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Dos Bros Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan
generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak &
ciri khas Indonesia.
B.
VISI dan MISI
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan
dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam
kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi
kepuasaan pelanggan.
C. NAMA USAHA
Usaha yang akan dirintis berupa tempat penjualan
baju-baju dan celana yang menjadi trend di era sekarang. Contohnya seperti
baju-baju yang bersablon, berkualitas sesuai tingkat kenyamanan pemakai, celana
berbahan chino, denim dan jeans. Tidak hanya baju dan celana saja, kami juga
menjual jacket dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.
D. TEMPAT USAHA
Kami telah survey di beberapa daerah sekitar kota
Jakarta di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Karena di daerah ini terbilang cukup
strategis dan di dukung dengan adanya restaurant, barbershop, dan minimarket.
Lokasi Distro berada di antara minimarket dan barbershop serta berhadapan
dengan sebuah restaurant.
E. WAKTU OPERASIONAL
Waktu operasional Distro ini
direncanakan Buka pada pukul 10.00 dan Tutup pada pukul 22.00.
F.
TARGET PELANGGAN
Target pelanggan Distro ini adalah :
anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
G. KONSEP PROMOSI
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur
promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara
on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan
transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Dos Bros Distro
akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
H. SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
Dos Bros Distro membidik pasar kelas menengah ke
bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada
prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro
ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha
distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat
dipenuhi dari distro ,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka
kemampuan distrountuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini
mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan.
Biaya Permulaan Perusahaan
1. Modal Awal Produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
Kulakan baju dan celana grosir
|
Rp. 100.000.000,-
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
Biaya gaji karyawan bulan pertama
|
Rp.
5.000.000,-
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 150.000.000,-
|
Total
|
Rp. 280.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
·
Listrik Rp. 2.000.000,-
·
Asuransi Rp. 20.000.000,-
·
Transportasi Rp. 6.500.000,-
·
Pajak Rp. 2.750.000,-
·
Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,-
+
Total biaya lain-lain Rp. 37.250.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 280.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 37.250.000,- -
Total Rp. 242.750.000,-
PERENCANAAN LABA RUGI
INVESTASI JUMLAH (Rp.)
Biaya Tetap
Penyusutan gedung dan peralatan Rp. 7.000.000,-
Gaji pegawai Rp. 5.000.000,- +
Total Rp. 12.000.000,-
Biaya Variable/Produksi
Kulakan baju dan celana grosir Rp. 100.000.000,- +
Total Rp. 100.000.000,-
Biaya lain-lain
·
Listrik Rp. 2.000.000,-
·
Asuransi Rp. 20.000.000,-
·
Transportasi Rp. 6.500.000,-
·
Pajak Rp. 2.750.000,-
·
Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Total Modal Produksi Rp. 37.250.000,-
Total
(Modal) Pengeluaran Rp. 112.000.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion Rp. 400.000.000,- -
Total Pendapatan Rp. 400.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI
(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan Rp. 400.000.000,-
Total Modal/Pengeluaran Rp. 112.000.000,- -
Total Keuntungan Bersih Rp. 288.000.000,-
PENUTUP
Harapan saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini bisa lebih
berkembang dan maju.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1. Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan
jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain
juga.
2. Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan
konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar